Kamis, 14 Juli 2016

Jangan Lupa Bahagia





Setiap insan pasti tau arti bahagia. Bukan hanya tau tapi selalu ingin merasakan itu. Selalu? Ya, S.E.L.A.L.U... wahh kok bisa ya?
Bisa, karena hasrat manusia yang terdalam adalah kebahagiaan. Semua pasti tahu, bahagia itu memiliki arti perasaan senang dan sukacita yang terkadang membuat raga pun merasakan efek dari perasaan itu, contohnya: Badan jadi sehat, atau muka awet muda, dll.

Ndak percaya??? Mau bukti???

Sebagian orang pasti tahu ungkapan ini: “Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.” Ungkapan ini ditulis oleh Raja Salomo/Sulaiman, raja yang terkenal dengan “bijaksana”-nya. Ungkapan yang sangat dalam maknanya, bagaimana bisa hati yang gembira menjadi obat?

Dari sisi ilmiah, endorfin membawa ke tubuh kita tidak hanya menghilangkan rasa sakit. Hormon sukacita (ini adalah nama kedua endorfin) untuk menstabilkan tekanan darah dan mengatur pernapasan tingkat, efek menguntungkan pada pencernaan, meningkatkan pertumbuhan dan memperkuat jaringan, membawa dalam tubuh kita adalah suasana hati yang positif. Hal inilah yang memacu untuk tubuh menjadi sehat, selain faktor utama berolahraga dan menjaga pola hidup.

Kita sudah tahu bahwa sedikit banyaknya, kebahagiaan membawa dampak positif bagi hidup kita. Kebahagiaan dimulai dari hati yang bergembira, bukan selalu terus menerus bergembira atau tertawa lebar, seakan-akan tidak mempunyai permasalahan hidup. Sekalipun kita mempunyai hasrat yang besar untuk berbahagia terus-menerus, kita tidak dapat lepas dari permasalahan hidup.

Maka, orang yang berbahagia adalah orang dapat mengelola perasaan dan pikiran kepada hal yang positif yang membawa kepada kebahagiaan dan ucapan syukur pada Sang Khalik. Seberat apapun permasalahan hidup, selalu ada hikmah yang diambil yang membuat kita selalu bersyukur. Sebaliknya, seberapa indahnya hidup yang dirasakan tidak membuat kita menjadi orang yang lupa akan segalanya, justru semakin bersyukur karena menyadari kebahagiaan yang didapat hanyalah dari Sang Khalik.

Jadi, jangan lupa berbahagia :)

 

Sumber referensi: http://beauty-wmn.com/id/pages/1469012

Sumber gambar: http://www.mrsgpmrsgp.id/2016/03/jangan-lupa-bahagia.html

1 komentar: